Perhitungan Modal Bisnis Konveksi Kaos

Perhitungan Modal Bisnis Konveksi Kaos

Usaha konveksi adalah usaha yang bisa memenuhi kebutuhan dasar masyarajat yaitu kebutuhan sandang, dimana kebutuhan tersebut terkait dengan pakaian. Usaha konveksi kaos saat ini semakin berkembang karena dunia fashion selalu berganti trend mode setiap musim membuat peluang usaha konveksi ini semakin besar dan prospeknya pun sangat menjanjikan.

Bisnis konveksi pun memiliki berbagai jenis seperti konveksi pakaian anak-anak, konveksi pakaian wanita dan pria, konveksi kaos , jaket dan aksesoris. Maka apabila ingin memulai usaha bisnis konveksi harus menentukan jenis usaha konveksinnya terlebih dahulu.


Dalam dunia bisnis pasti membutuhkan persiapan yang matang terlebih dahulu seperti perlatan produksi yang akan digunakan, perlatan produksi konveksi kaos memerlukan beberapa jenis mesin pendukung selain mesin jahit. Hal ini adalah modal utama yang diperlukan untuk membuka usaha konveksi kaos. Yang kedua adalah ruang produksi, karena untuk bisnis konveksi kaos, ruang produksi sangat dibutuhkan untuk memproduksi kaos yang akan dijualnya dan menampung seluruh alat produksi. Ruang produksi bisa diperoleh dengan cara membeli ataupun menyewa. Maka biaya untuk ruang produksi juga harus diperhatikan. Memiliki tempat produksi sendiri akan jauh lebih menguntungkan. Maka disini ada perkiraan kasar modal awal membuka konveksi kaos.

Mesin potong pola : 1. 000. 000 (harga mulai 500. 000 hingga 2. 200. 000)
Mesin jahit : 3. 000. 000 � 4.000.000 (tergantung merk)
Mesin obras : 4. 000. 000 (tergantung merk)
Mesin overdeck : 5. 000. 000 (tergantung merk)
Peralatan jahit : 500. 000 (gunting, jarum, dll)
Bahan konveksi : 10. 000.000 (untuk pemula)

Maka jika dijumlahkan Total perkiraan kasar usaha konveksi kaos di atas adalah sekitar dua puluh empat juta rupiah. Harga mesin konveksi kaos dipasaran kira-kira mulai dari tiga juta rupiah. Sedangakan Harga mesin impor relatif tinggi, mulai dari sekitar lima juta rupiah. Perkiraan di atas diambil dari harga rata-rata. Mesin kualitas impor memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Pemilihan mesin ini tergantung dengan skala usaha yang dijalankan. Selain mesin baru, di pasaran juga tersedia mesin impor second. Harganya juga masih relatif tinggi. Untuk membeli mesin produksi second, harus diperhatikan juga kondisinya, jangan asal membeli karena merk saja. Harga mesin potong juga bervariasi, tergantung dari ukuran dan kapasitas mesin memotong tumpukan kain.

Hal lain yang perlu diperhatikan terutama dalam pembelian modal peralatan mesin produksi konveksi kaos adalah mengenai suku cadang dan servis. Sebelum memilih merk dan membeli, pastikan mesin tersebut memiliki tempat servis yang dekat dan ketersediaan suku cadang yang mudah didapatkan agar dapat segera ditangani jika terjadi kerusakan di kemudian hari. Nah, demikian perkiraan modal bisnis konveksi kaos. Selamat berbisnis konveksi!

Zachary