5 Tips Petualangan Arum Jeram Pangalengan Untuk Menjaga Keselamatan Anda

5 Tips Petualangan Arum Jeram Pangalengan Untuk Menjaga Keselamatan Anda

Bentuk olahraga ekstrim pastinya lebih disukai oleh mereka para petualang yang mana ingin memacu adrenalin mereka. Salah satu bentuk olahraga yang bisa memicu adrenalin yang pastinya bisa Anda coba adalah arum jeram.

Umumnya bentuk olahraga arum jeram pangalengan ini dilakukan secara berkelompok, yang pastinya Anda bisa mengajak teman, sahabat, saudara dan beberapa orang terdekat untuk merasakan sensasi dari arum jeram ini.

Bagi Anda yang sampai saat ini masih ragu untuk mencoba olahraga arum jeram pangalengan ini, Anda tidak perlu lakut. Mengapa? Karena meskipun terlihat berbahaya, namun olahraga ini sebenarnya cukup aman untuk dilakukan, dengan catatan dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada.

Tips Berpetualang Arum Jeram Pangalengan

Nah, di bawah ini ada beberapa tips arum jeram yang bisa Anda perhatikan agar Anda aman saat melakukan kegiatan olahraga ekstrim ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memakai semua perlengkapan keselamatan dengan benar

Walaupun Anda jago berenang, namun Anda tetap harus memastikan keselamatan Anda bisa terjamin ketika Anda bermain arum jeram. Hal ini dikarenakan arus sungai yang digunakan untuk bermain arum jeram ini cukup deras, serta penuh dengan bebatuan. Hal inilah yang akan membahayakan Anda jika Anda melakukan kegiatan arum jeram tanpa adanya alat keselamatan yang memadai. arung jeram pangalengan keselamatan yang memadai diantaranya seperti jaket pelampung,helm, body protector dan juga dayung.

2. Memakai pakaian yang tepat

Perhatikan pula pakaian yang Anda gunakan, dan ada baiknya jika Anda bisa menggunakan pakaian yang tidak terlalu menyerap banyak air. Anda bisa menggunakan jenis baju dengan bahayn bulu mikro, wol, polypropylene, dan juga polyester, dengan begitu baju Anda tidak akan terasa berat jika terkena air dan Anda bisa tetap menjaga keseimbangan meskipun di dalam air.

3. Memperhatikan cara mendayung dengan benar

Salah satu kunci sukses dalam melakukan arum jeram adalah mengetahui cara yang tepat dalam mendayung, sehingga perahu yang Anda gunakan akan terus berjalan dengan seimbang melewati arus yang cukup deras. Cara mendayung yang tepat biasanya akan dijelaskan pemandu sebelum kegiatan dilakukan, maka Anda harus memperhatikan setiap intruksi yang diucapkan sang pemandu.

4. Selalu mengikuti saran dari pemandu


Dalam permainan arum jeram, pemandu memiliki peranan yang sangat penting , terutama dalam menjaga keselamatan serta keamanan para peserta rafting. Agar kegiatan arum jeram Anda berjalan lancar, maka ada baiknya jika Anda selalu mengikuti intruksi atau saran yang dilakukan pemandu.

5. Jangan melakukan arung jeram jika kamu mengonsumsi alcohol

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam melakukan arum jeram yaitu, Anda tidak diperbolehkan melakukan kegiatan arum jeram jika Abda mengkonsumsi alcohol atau bahkan Anda yang masih berada di bawah pengaruh minuman keras tersebut. Hal ini dikarenakan tingkat kewaspadaan Anda akan terganggu, sehingga bisa membahayakan keselamatan Anda dan tim yang lainnya.

Zachary